“Maaf sayang,aku tidak bisa pulang malam ini

Malang, 20 Januari 2011

Kira-kira apa ya yang pengen aku tulis malam ini? Sama sekali tidak ada satu hal pun yang terlintas di pikiranku untuk dituangkan dalam bentangan kertas putih di dalam monitor 14 inchi ini. Nulis curhatan? Kayaknya bukan gua banget, lha trus nulis apaan? Tutorial? Males bikin screenshootnya. Ya sudah lha…. terserah jari-jariku saja, semua kuserahkan kepada 10 jariku, kemana mereka akan mengarahkan tiap jari ke tombol-tombol keyboard komputerku.

Waktu sudah menunjukkan pukul 23.05 namun belum juga rasa kantuk menyapa diriku. Suasana memang lain, aku beradi di tempat yang jauh, hanya berdua dengan teman kuliahku di dalam sebuah ruangan berukuran 3×2 meter di sebuah kota bernama Malang. Rasa bosan mulai menyerang karena tak ada satu stasiun televisipun yang membawa hasrat dan kegairahan yang baru. Semuanya sama dan seragam, membosankan. Temankupun sibuk sendiri dengan komputernya, akhirnya kumatikan saja tivinya dan kubuang jauh-jauh remote control ke bawah rak buku yang berada di depanku.

Ini adalah kali pertama aku menginap di Malang tahun 2011 ini, he,,he,,,,.

” Lho kok bisa…?”

Sepanjang sore hingga malam, kota Malang terus diguyur hujan. Itulah kenapa aku memutuskan untuk menginap di kontrakan temen kuliahku di dekat SD Dinoyo 4 kota Malang. Semuanya basah tersiram air hujan, beruntung laptop saya masih terlindung dengan aman. Setelah sampai di kontrakan segera saja kukeringkan baju dan celanaku yang basah, beruntung kaos oblong yang kusiapkan dari rumah masih kering dan hangat. Setelah berganti baju, aku lalu menikmati hidangan yang disediakan temanku. Semangkuk bakso yang sudah menjadi trade mark kota ini. Dengan bernafsu segera saja kusantap bakso ini dengan tanpa belas kasihan kuhabiskan semuanya tanpa tersisa, kecuali mangkuk dan sendoknya. Namun rasa nikmat yang kurasakan tiba-tiba saja menjadi hambar saat aku teringat sesuatu yang tertinggal di Jombang.

“Busyet… bisa gawat nih kalau kelupaan absen!!”

dengan panik aku langsung mencari-cari keberadaan hanphone, karena aku harus segera menelpon istriku.

“Kenapa bos?” tanya temanku dengan muka penuh tanda tanya.

“Aku lupa telpon istriku, kalau hari ini aku nginep di Malang” kataku sambil mengaduk-aduk isi tasku yang masih basah.

“Wah… kalau marah besok gak dapet jatah… he…he….he….”

Aku hanya memperhatikan saja raut wajah temanku dengan ekspresi yang datar.

“Ah… ini dia” kataku dengan ekspresi kegirangan saat berhasil menemukan handpho Sony Ericsson warna orange ini.

Dengan penuh semangat akhirnya segerak ku dial no hape isrtiku.

Tut….tut….tu….

“Maaf… pulsa yang anda miliki tidak cukup untuk melakukan panggilan ini…”

Kontan aku merasakan dunia ini sudah terbalik, wah gimana nih… bisa manyun berbulan-bulan nih kalau aku sampai gak telpon ataupun sms dia.

Dengan gerakan secepat kilat akupun segera menyambar handphone milik temanku. Tapi memang bener-bener sial, rupanya temanku tidak punya pulsa yang cukup walau hanya untuk sekedar kirim sms.

Akhirnya hingga malam dimana aku menulis cerita ini, aku belum juga mendengar suara istriku. Tak satupun sms yang aku terima dari dirinya. Facebooknya pun tidak sedang online saat ini, ya… aku hanya berharap besok saat pulang ke Jombang aku masih disambut dengan senyuman bukan gamparan ataupun lemparan gelas dan piring. he..he… lebay mode on 🙂 Hanya laptop inilah satu-satunya temanku malam ini, semoga saja dia tidak akan pernah bosan. Nampaknya hujan di luar sana sudah berhenti, Malang pun sudah mulai terasa sepi, semua orang sudah bermimpi, temankupun sudah terlelap dan tak berhenti mendegnkur. Kepalaku mulai terasa berat, mataku mulai berair, otakku mulai kaku. Aku harus menghentikan tulisanku sampai di sini. Semoga saja istriku juga tertidur lelap di sana. Memeluk boneka replika singo edan berwanrna coklat, dan yang terpenting, semoga dia tetap memimpikan saya ditengah kejengkelan dan kemarahan terhadapku. Malam ini aku hanya bisa berkata

“Maaf sayang, aku tak bisa pulang malam ini”

One thought on ““Maaf sayang,aku tidak bisa pulang malam ini

Leave a Reply

